Layanan Pembuatan NIB

Layanan Pembuatan NIB

Salah satu fokus layanan Desa Garut adalah dibidang pengembangan UMKM. Bentuk keseriusan layanan Desa Garut dalam bidang UMKM adalah dengan fasilitasi UMKM dalam bidang administrasi. 

Kelengkapan administrasi merupakan hal yang vital bagi tumbuhkembangnya usaha. Banyaknya jenis dokumen yang harus dimiliki UMKM baik di tingkat lokal desa/kelurahan maupun dokumen yang harus diperoleh dari ditingkat kabupaten. Setiap pelaku usaha wajib memiliki izin usaha, izin usaha yang paling sederhana dan mudah dilakukan pengurusannya antara lain:

  • Surat Keterangan Usaha, dapat diperoleh di desa/kelurahan setempat.
  • Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), dapat diperoleh di desa/kelurahan setempat.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak, dari Direktorat Jenderal Pajak. 
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) dapat diperoleh dari kementerian Investasi (BKPM)
  • Sertifikat Halal, dari Majelis Ulama Indonesia
  • Sertifikat BPOM, dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.
  • dan surat-surat dokumen lainnya.

Desa Garut dalam mendukung perkembangan UMKM di wilayah Kabupaten Garut memiliki Program Layanan Pembuatan NIB dan NPWP. Melalui program ini diharapkan dapat membatu fasilitasi UMKM Garut untuk memperoleh legalitas usaha serta membantu fasilitasi promosi produk dan jasa UMKM di Kabupaten Garut. 

Dengan kelengkapan administrasi yang dimiliki UMKM, maka akan memberikan peluang UMKM untuk:

  1. Mendapat legalitas resmi dan juga perlindungan usaha kedua para pelaku UMKM juga akan mendapatkan Kemudahan untuk pengajuan bantuan usaha mikro, serta mendapatkan akses permodalan dengan mudah seperti perbankan maupun non perbankan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  2. Terkoneksi dengan pengurusan sertifikat halal dan memudahkan sobat desa untuk memperoleh izin edar.
  3. NIB bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan.
  4. Mempermudah UMKM melakukan kontrak kerja dengan korporasi
  5. Dengan NIB sobat desa Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial dan ketenagakerjaan BPJS menjadi salah satu lembaga yang terintegrasi dengan OSS dalam pendaftaran kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Persyaratan Pembuatan NIB dan NPWP

Dokumen kelengkapan administrasi yang harus disiapkan oleh UMKM untuk membuat NIB dan NPWP antara lain:

  1.  

Judul: Layanan Pembuatan NIB